Kamis, 17 Februari 2011

Resume Sistem Basis Data pertemuan 1

TUGAS SISTEM DATABASE
Carilah satu contoh perusahaan atau organisasi dan laporkan tentang :
(organisasi/perusahaan yang diambil sebagai contoh tidak boleh sama antara satu mhs dengan mhs lain)
1. Nama / Profil Organisasi
2. Alamat Organisasi (sertakan alamat Websitenya jika ada)
3. Usaha utamanya dibidang apa.
4. Jelaskan Proses Bisnis Organisasi (jelaskan masih manual atau sudah komputerisasi)
5. Dalam Ranah Aplikasi Database termasuk kelompok yang mana ? Jelaskan mengapa !
6. Jika anda diminta mengembangkan sistemnya, apa yang akan anda lakukan !
7. Jika anda menggunakan literatur sebagai sumber jawaban, sertakan di halaman terakhir tentang

Jawab :
1.       Nama perusahaan : "PT PLN (persero)"
Profil : perusahaan ini bergerak di bidang produksi tenaga listrik yang dihasilkan oleh pusat pembangkit tenaga listrik yang terdiri dari beberapa jenis pembangkit, yaitu Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbasis batubara, gas alam atau bahan bakar minyak (BBM), Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA), berbasis tenaga air sebagai penggerak turbin, Pusat Listrik Tenaga Gas (PLTGgas turbine) berbasis gas alam atau BBM, Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) berbasis tenaga uap panas bumi dan Pusat Listrik Tenaga Diesel (PLTD) berbasis BBM.Selain itu, Perusahaan juga melakukan pembelian tenaga listrik yang diproduksi oleh pusatpusat pembangkit tenaga listrik swasta yang juga merupakan gabungan dari beberapa jenis pembangkit, yaitu PLTU berbahan bakar batubara, Pusat Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU-combined cycle) berbasis gas alam atau BBM, PLTA berbasis tenaga air sebagai penggerak turbin, PLTP berbasis tenaga uap panas bumi dan PLTD berbasis BBM.
2.       Perusahaan ini memiliki kantor pusat di Jl. Trunojoyo Blog M I/135 Jakarta selatan 12160 Indonesia. website : http://www.pln.co.id
3.       Perusahaan ini bergerak di bidang produksi tenaga listrik yang dihasilkan oleh pusat pembangkit tenaga listrik.
4.       perusahaan ini sudah menerapkan sistem secara komputerisasi, sehingga semua kegiatan yang dilakukan seperti pembayaran sudah dilakukan secara terkomputerisasi.
5.     Menurut saya, PT PLN (persero)mmemiliki tipe aplikasi database yang bersifat WORKGROUP DATABASE karena dapat dilihat dari sisi pengelolaannya, perusahaan ini tidak hanya dilakukan oleh satu orang saja, karena dalam mengelola manajemen yang ada dalam perusahaan tersebut tidak dapat dilakukan hanya satu orang saja. sehingga dapat disimpulkan bahwa PT.PLN (persero) termasuk dari jenis WORKGROUP DATABASE.
6.                 6.  Saran saya untuk pengembangan sistem dalam perusahaan PT.PLN (persero) ini adalah dengan  ditambahkannya sistem komputerisasi pada peruhaaan tersebut dapat membantu pelanggan untuk melakukan transaksi secara mudah.
         7.   Literaturnya didapat dari : http://stikom.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar